Instal Ubuntu 14.04.1 di Netbook Toshiba NB200

Sejak 16/05/2013, saya sudah fokus menggunakan Linux Mint 14 Cinnamon, seperti yang pernah saya tulis disini https://arhsa.wordpress.com/2013/05/16/linux-mint-14-nadia-resmi-di-instal/. Walaupun tentu saja beberapa kali masih mencicipi distro tertentu, seperti zorin dan Bodhi, karena netbook kesayangan saya inginnya distro yang ringan.

Karena Mas Malsasa mengabari keberadaan http://bengkelubuntu.org, yang membantu memudahkan pengguna Ubuntu dengan aplikasi alldeb, saya menjadi tergerak untuk kembali mencoba Ubuntu. Disrto yang satu ini memang menawan dan membuat kangen, hanya terkadang bagi orang awam seperti saya perlu perlakuan yang agak lebih agar bisa dipakai dengan nyaman.

Ayo kita langsung saja Install Ubuntu 14.04.1 ini. Saya menggunakan Netbook Toshiba NB200.

Screenshot from 2015-01-29 22_34_21

1. Masukan DVD/USB Flashdisk  Ubuntu 14.04.1 (saya mengunakan Live USB Flashdisk), atur agar Netbook boot dari USB Flashdisk. Tunggu sampai muncul tampilan desktop. Klik dua kali  icon “Install Ubuntu 14.04.1 LTS” !

kalau belum pernah membuat Live USB, silahkan menuju link ini  https://arhsa.wordpress.com/2013/10/07/membuat-live-usb-linux-mint-14-nadia-menggunakan-lili-di-windows/ bisa juga menggunakan Unetbootin.

Screenshot from 2015-01-29 22_35_38

2. Pilih bahasa yang Anda gunakan, saya menggunakan bahasa default (bawaan) English. Klik “Continue” !

Screenshot from 2015-01-29 22_36_00

3. Koneksi internet via Wireles. Kalu mau langsung install codec MP3 atau update silahkan pilih conect. Pengalaman saya kalau sambil connet ke internet biasanya proses instalasi menjadi lama. Maka, saya pilih “I don’t want to connect to…”. Untuk update dan instalasi codec multimedia bisa nanti setelah proses instalasi.

Screenshot from 2015-01-29 22_36_16

4. Hardisk sudah oke, Listrik juga cukup.

Screenshot from 2015-01-29 22_37_31

5.  Pilih tipe instalasi, saya sudah menginstal Linux Mint 17.1 Rebeca di partisi pertama (/dev/sda1).  Saya mau instal  Ubuntu 14.04.1 ini di partisi kedua (/dev/sda2). Klik opsi ketiga “Something else”.

Screenshot from 2015-01-29 22_38_02

6. ini Partisi kedua (/dev/sda2) yang akan saya gunakan untuk menginstal Ubuntu 14.04.1. Belum diseting.

Screenshot from 2015-01-29 22_38_15

7. untuk menginstal linux, paling tidak harus ada dua partisi: partisi untuk menginstal sistem dan partisi swap (memori cadangan).

Screenshot from 2015-01-29 22_38_50

8. klik Partisi kedua (/dev/sda2) seperti pada gambar no. 6. kemudian Klik “Change…” ! Akan muncul gambar ini, silahkan pilih Use as: Ext4 Journaling File System,  Ext3 atau Ext2 juga boleh. ceklis Format the partition. Klik Mount Point dan pilih garis miring (/). Klik Ok! Perhatikan gambar ini!

Screenshot from 2015-01-29 22_39_31

9. Perubahan pada partisi akan berlaku setelah klik continue, partisi akan di format.

Screenshot from 2015-01-29 22_40_19

10. gambar Partisi kedua (/dev/sda2) setelah diseting, sekarang siap untuk menjadi tempat instalasi Ubuntu 14.04.1.

Screenshot from 2015-01-29 22_41_31

11. Pilih negara

Screenshot from 2015-01-30 05_47_35

12. pilih keyboard layout

Screenshot from 2015-01-30 05_48_21

13. Masukan data diri

Screenshot from 2015-01-30 05_48_34

14. Instalasi dimulai

Screenshot from 2015-01-30 06_07_52

15. Instalasi selesai.

Yang belum mencoba Linux, ayo silahkan dicoba. kalau belum kenal, Linux adalah sistem operasi komputer seperti Windows, Mac Os, DOS, Unix, dll. Linux adalah saudara tuanya atau mungkin bapaknya Android. Jadi, jika Anda sudah menggunakan Android sejatinya Anda sedang menggunakan linux yang telah dimodifikasi untuk digunakan pada smartphone. Diantara distro Linux adalah Ubuntu, Linux Mint, Fedora, OpenSuse, Slackware, dan tentu saja Debian. Untuk disrto lain, silahkan dibaca lebih lanjut di http://www.distrowatch.com.

Hal lain:

Linux adalah sistem yang lengkap, sudah ada berbagai aplikasi/program untuk keperluan sehari-hari. Sudah terinstal otomatis.
multimedia player, word processor, pembuka PDF, scaner, browser seperti Firefox, pengolah gambar seperti Gimp, dll.

Tunggu apa lagi, silahkan dicoba, gratsi dan tidak perlu bayar, juga hampir tak ada virus.
http://www.ubuntu.com http://www.linuxmint.com  www.distrowatch.com

Ditulis dalam Linux, Tutorial. 13 Comments »

13 Tanggapan to “Instal Ubuntu 14.04.1 di Netbook Toshiba NB200”

  1. Ade Malsasa Akbar Says:

    Akang sudah coba paket alldeb dari BengkelUbuntu? Apakah ada yang gagal? Terima kasih untuk panduan instalasi Ubuntu ini. Saya knotes-kan.

    • arhsa Says:

      Kemarin saya coba codec multimedia, alhamdulillah lancar. Tapi pas install apa, saya lupa, ada yang kurang dependensinya, mungkin mesin Mas Maslsasa sudah oke semua isinya, sementara Ubuntu saya kan baru install. Belum mencoba lagi kang, biasa orang kerja, netbook jarang dibuka.

      • Ade Malsasa Akbar Says:

        Semua alldeb di bengkel dibuat di Ubuntu yang fresh installed. Semua dimulai dari nol untuk memastikan tidak ada error di sisi pengguna. Kira-kira paket apa yang galat dan apakah galatnya?

  2. RAMDHAN Says:

    Nice Posting.. Salam Kenal..

  3. Hasan Ganteng Says:

    mas bisa buatin tutorial ga? rencananya saya mau migrasi dari win7 ke ubuntu 14.04.2
    full ganti jadi ga ada windows 7nya lagi + cara partisinya soalnya ane takut salah hdd ane 500gb dan data sudah di backup

    • arhsa Says:

      Selamat, saya sangat ingin membantu, hanya sekarang lagi banyak tugas di kantor, beberapa tutorial bisa Anda dapatkan di blog ini, kalau ada kesempatan in sya Alloh nanti saya kirim, untuk lebih jelas coba berkunjung ke blog sahabat saya yang sangat faham migrasi ke linux
      http://malsasa.wordpress.com atau
      http://bengkelubuntu.org
      itu disebelah atas beliau menulis komentar
      semoga membantu

  4. John Says:

    termakasih infonya, visit blog dofollow saya juga ya gan🙂 , Abeje

  5. freebiexp Says:

    wow..
    keren tutornya, jelas dan mudah dipahami ap lg di lengkapi dgn gambar..
    http://www.freebiexp.com

  6. moehammad soleh Says:

    kalo mo install sama windows 8 pakai “something else” juga ya….? mohon bantuannya….


بسم الله الرحمن الرحيم

