Seting Edimax Ew7811un di Linux Mint 14 dan Ubuntu 12.04.3/13.04 [tutorial langka]

EW-7811Un_217X205(sumber gambar: http://www.edimax.com)

1. MUQODIMAH

Sejak satu tahun kebelakang, sampai hari Jumat, 13 September 2013 kemarin, saya tidak bisa menggunakan Ubuntu, terutama Ubuntu 12.04, 12.10 dan 13.04. Alasannya hanya satu: Tidak bisa menseting Wireles LAN. Kebetulan hardware yang saya miliki adalah EDIMAX EW7811UN. Si kecil nan mungil yang susah diatur (oleh saya).

Maka, saya pun menyerah dan memilih Linux Mint 14 “Nadia”. Di Linux Mint 14 “Nadia” dan sebelumnya Linux Mint 13 “Maya” bisa diseting dengan sedikit sentuhan. Tapi, cara yang sama tidak berlaku di Ubuntu 12.04 dan 13.04. Entah mengapa. Yang pasti, saya menyadari ilmu saya tentang Linux memang masih cetek (sebab, orang yang mahir Linux, bisa mensetingnya di Raspberrypi, dan berjalan lancar. Kapan ya saya punya Raspberrypi? ). Perhatikan! Ukurannya sangat mungil, lebih kecil dari uang logam, hanya terlihat sedikit menempel di port USB.

edimax-pi3(sumber gambar: http://www.raspberrypi.org )

Saya kemudian menekuni Linux Mint 14 “Nadia”. Al-hamdulillah, sangat stabil, sampai sekarang masih digunakan. Tapi, rasa penasaran untuk tetap bisa menggunakan Ubuntu 12.04 atau 13.04 sangat besar. Begitu juga tantangan untuk bisa konek ke internet via Si kecil nan mungil “Edimax” yang susah diatur ini menjadi motivasi tersendir.

Sampai akhirnya, hari kemarin, Sabtu, 14 September 2013 usaha keras itu membuahkan hasil. Ternyata, sangat mudah, hanya saja saat browsing di internet, ada banyak tips trik. Barangkali, menggunakan tips yang tidak pas, atau tidak sesuai dengan problem yang ada.

Sebab, saya berhasil konek menggunakan edimax ini di Linux Mint 14 “Nadia”. Saya juga berhasil konek di Pear Os 7. Tapi caranya berbeda, dan tidak bisa dipraktekkan di Distro lain. Saya juga berhasil konek di Bodhi Linux 2 saat Live USB, tapi ketika di install tidak bisa konek, aneh. Sebenarnya, di Ubuntu juga bisa konek, tapi tidak bisa mengakses internetnya, gagal terus.

2. SETING EDIMAX EW7811UN LINUX MINT 14 “NADIA”

Buka Terminal, ketik :

sudo gedit /etc/modprobe.d/blacklist.conf (di Linux Mint 14 Cinnamon)  (masukan password Anda)

atau sudo pluma /etc/modprobe.d/blacklist.conf (di Linux Mint 14 Mate)

(saya menggunakan Cinnamon, tapi sebelumnya mencoba di Mate juga berhasil, kebetulan screenshot yang ada hanya dari Mate, jadi saya tampilkan disini saat menseting di Mate)

a

Akan muncul tabel berikut :

b

Silahkan ketik dibagian akhir (kemudian save):

blacklist rtl8192cu

blacklist rtl8188cus

(Karena di linux mint terbaca rtl8188cus, maka saya tulis dua-duanya. Sebetulnya cukup yang blacklist rtl8192cu saja.)

Restart komputer, cabut dan pasangkan kembali USB WIFI Edimax EW7811UN.

Buka terminal dan ketik:

sudo modprobe rtl8192cu

c

Internet di Linux Mint 14 Mate dan Cinnamon di komputer saya langsung konek dengan menampilkan pop up “Network established”.

(sumber: saya lupa menyimpan link-nya, maklum dari banyak sumber)

3. SETING EDIMAX EW7811UN DI UBUNTU 12.04 DAN 13.04

Cara diatas, saya praktekkan di Ubuntu 12.04 dan Ubuntu 13.04 berulang kali. Berhasil konek tapi tetap tidak bisa digunakan untuk mengakses internet. Tapi kemudian saya mendapat link ini https://github.com/dz0ny/rt8192cu yang akhirnya membuat Si kecil mungil ini takluk. Al-hamdulillah.

seting edimax (1)

Cara ini sudah saya coba di Ubuntu 12.04 dalam keadaan Live USB dan setelah di instal ke hardisk. keduanya berjalan lancar. Saya coba di Ubuntu 13.04 dalam keadaan Live USB dan setelah di instal ke hardisk. Saat live USB berjalan lancar, tapi setelah di instal ke hardisk tidak selalu konek langsung, harus di modprobe. Akhirnya, saya blacklist seperti di Linux Mint. Al-hamdulillah, lancar jaya.

Ini caranya, sangat simple, daya hanya memgambil sebagian saja:

Download modulnya dari: https://github.com/dz0ny/rt8192cu/archive/master.zip

Atau yang saya upload di archive.org:

https://ia601007.us.archive.org/32/items/Rt8192cuMaster/rt8192cu-master.zip

Simpan hasil download di Home Anda: (agar mudah dalam penggunaan)

seting edimax (2)

Klik kanan exstract here, akan ada Folder baru dengan nama sama

seting edimax (3)

Masuk ke Folder tersebut. Tekan ctrl+l , akan muncul posisi folder yang Anda buka (lihat tulisan di kotak disebelah atas!) . Silahkan di copy.

seting edimax (4)

Buka Terminal, tulis cd dan beri satu spasi, paste posisi folder yang tadi di copy, tekan enter

seting edimax (5)

Silahkan lanjutkan dengan perintah berikut : make

seting edimax (6)

Silahkan lanjutkan dengan perintah: sudo make install kemudian  sudo modprobe -r rtl8192cu

seting edimax (12)

Ketika perintah sudo modprobe -r rtl8192cu dieksekusi, wireles memunculkan pop up, disconnected.

seting edimax (10)

Silahkan lanjutkan dengan perintah: sudo modprobe 8192cu

Ketika perintah sudo modprobe -r rtl8192cu dieksekusi, wireles memunculkan pop up, connected.

seting edimax (11)

Selamat! Anda telah berhasil menseting si kecil mungil EDIMAX EW7811UN.

Silahkan buka Browser kesayangan Anda. Saya suka Firefox.

seting edimax (13)

Nge-blog di Ubuntu 13.04.

seting edimax (14)

Sampai disini, koneksi berjalan lancar. Tapi setelah beberapa kali mematikan komputer, selalu saja wireles ini minta diaktivasi dengan passwordnya. Padahal, di Linux Mint 14 “Nadia” langsung konek tanpa harus diaktivasi.

Ternyata, ada satu perintah terakhir yang tidak saya ambil (saya cuma mengambil bagian tengah dari tips di https://github.com/dz0ny/rt8192cu. Tidak mengambil bagian awal (kerena harus setelah konek ke internet) dan lupa tidak men-copy bagian akhir:

sudo echo “blacklist rtl8192cu” >> /etc/modprobe.d/blacklist.conf

Akhirnya, saya mengambil cara sendiri, seperti di Linux Mint 14 “Nadia”.

Buka Terminal, ketik : (masukan password Anda)

sudo gedit /etc/modprobe.d/blacklist.conf

y

Akan muncul tabel berikut : Silahkan ketik (tambahkan) dibagian akhir blacklist rtl8192cu (kemudian save):

z

Sekarang, Misi Selesai!

Tulisan ini tersedia dalam format .doc dan .PDF, bisa Anda download disebelah bawah atau di halaman   Migrasi ke Linux   dan di halaman Download”

DOC Seting Edimax Ew7811un Di Linux Mint 14 “Nadia”, Ubuntu 12.04.3, Dan Ubuntu13.04

PDF Seting Edimax Ew7811un Di Linux Mint 14 “Nadia”, Ubuntu 12.04.3, Dan Ubuntu13.04

***

Catatan:

@ Tutorial ini dibuat oleh orang yang awam terhadap Linux untuk orang yang juga awam terhadap Linux, sebagai dokumentasi pengalaman pribadi. Maka, tutorial ini dibuat sedetai mungkin agar bisa berhasil. Secara sederhana, jika Anda megikuti semua petunjuk yang ada, maka Anda akan berhasil.

@ Jika belum berhasil, mungkin ada kesalahan teknis atau saya salah ketik dan salah menjelaskannya. Mohon koreksi dari para master.

@ Perhatikan spasi diantara perintah-perintah yang Anda ketik. Boleh Copy Paste.

@ Andai semua sudah menggunakan GUI, mungkin tidak akan seperti ini.

Semoga bermanfaat.

بسم الله الرحمن الرحيم

