Buku Perang Sabil di Nusantara, telah tiba

Minggu Kemarin, Kamis, 14 Maret 2013 M – 2 Jumadil Awwal 1434 H, buku Buku Perang Sabil di Nusantara telah tiba, dikirim dari Penerbit Media Madania. Kebetulan, saya sedang berada di luar kota dan baru membuka kiriman tersebut Ahad malam. Karena berbagai kesibukan menyita waktu sehingga cukup sulit untuk sekedar menambah posting, baru sekarang buku ini naik ke blog.

perang sabil1a

Buku ini Ditulis oleh Mualimbunsu Syam Muhammad. Beliau, Melalui Kopral Cepot dengan blog-nya http://serbasejarah.wordpress.com memberikan 30 buku secara gratis untuk jamaah serba sejarah (meminjam istilah Kopral Cepot). Saya, ternyata salah satu yang mendapat buku ini dan sudah sampai ke tangan saya.

perang sabil2a

Saya ucapkan terima kasih kepada Kopral Cepot yang memasukan nama saya ke dalam list penerima buku ini. Saya juga ucapkan terima kepada Mualimbunsu Syam Muhammad yang telah menghadiahkan bukunya, Saya juga ucapkan terima kepada penerbit Media Madania yang telah menerbitkan buku ini sehingga tersedia dalam khazanah perbukuan Indonesia. Saya berdoa semoga Allah Swt. membalas kebaikan Anda semua dengan balasan yang berlipat ganda.

Buku Perang Sabil di Nusantara ini sedang saya baca dan belum tamat, jadi belum ada review, ulasan, bedah atupun kritik dalam posting ini, alasan lain agak susah membagi waktu bulan maret ini, pekerjaan sedang menumpuk. Mudah-mudahan ke depan bisa saya posting. Untuk yang penasaran tentang buku ini silahkan kunjungi blog Kopral Cepot di Link ini http://serbasejarah.wordpress.com/2013/02/25/motivasi-perang-sabil-di-nusantara/

Yang pasti, saya merekomendasikan buku ini untuk Anda miliki, untuk menambah wawasan dan memperluas cakrawala berfikir terutama menyangkut sejarah bangsa kita baik dimasa lampau, masa kini dan masa mendatang. Paling tidak, jika Anda berkomentar, mengeluarkan ide atau berbicara ada dasar ilmiah yang Anda jadikan sandaran, bukan sekedar katanya yang menjadi tanda bahwa anda kurang membaca.

4 Tanggapan to “Buku Perang Sabil di Nusantara, telah tiba”

  1. Mualimbunsu SM Says:

    salam, kang Asep
    Dalam kitab Dalailul-Khairat karangan Syekh al-Jazuli yang menjadi salah satu kitab kajian buku Motivasi,
    Kanjeng Nabi Muhammad SAW memiliki nama 201 barangkali juga lebih. Nama Muhammad beberapa kali disebut
    dalam ayat al-Quran begitu juga dengan nama Abdullah; ada juga Muzammil, Mudassir dlsb-nya.
    mualimbunsu sebuah nama yang diberikan masyarakat setelah berumah-tangga, Muhammad nama saya, Syam nama ortu.
    saya hanya suka diingat sebagai Abdullah (hamba-Allah) dan belum punya jejak di internet sebelum ini, alias ngak pernah ngeblog. al-Sundani al-Garuti dibelakang nama anda, mempunyai kenangan dalam diri saya.
    Salam berkenalan.

    • arhsa Says:

      Wa’alaikum salam wr. wb.
      Maksud saya adalah informasi tentang biografi (walaupun ringkas) Anda, soalnya di buku juga tidak ada.

      Sungguh sebuah kehormatan (Kang, Mas, Abang, Uda, Akh, Brother) Muallimbunsu Syam Muhammad berkenan mengunjungi blog saya sekaligus menjadi komentator pertama. Saya terkesan dengan respon yang sangat cepat ini, sama seperti terkesannya saya pada buku yang Anda tulis.

      Sejak kelas IV SD saya sudah menyukai pelajaran sejarah, dulu ada mata pelajaran PSPB (pendidikan sejarah perjuangan bangsa). Tapi, ada yang mengganjal dalam diri saya saat membaca/mempelajari buku-buku sejara di sekolah, islam dan kaum muslimin seperti tidak mendapat tempat dalam sejarah indonesia. Padahal, mayoritas yang memperjuangkan kemerdekaan bangsa ini adalah Umat Islam dan tokoh-tokoh islam. Tentu tanpa mengurangi penghargaan saya pada pejuang-pejuang dan tokoh-tokoh dari pemeluk agama lain.

      keheranan saya bertambah saat saya baca biografi tokoh-tokoh yang dianggap pemberontak tersebut, ternyata mereka orang-orang yang memiliki pemahaman mendalam tentang Agama Islam. Setelah kenal internet, saya rajin mencari ‘untold history’ Bangsa Indonesia, agar saya memposisikan para pahlawan secara proporsional dan berbasis dasar ilmiah, bukan sekedar ikut aliran/plot yang diseting para penulis buku sejarah yang entah menerima perintah atau menerima pesanan pihak-pihak tertentu untuk menguntungkan dan/atau mendiskreditkan pihak tertentu lainnya.

      Perjalanan ini mengantarkan saya pada blog serba sejarah asuhan Kopral cepot, banyak tambahan pengetahuan yang saya dapat disana, dan setelah beberapa masa kemudian Buku Perang Sabil di Nusantara yang Anda tulis telah tiba dan menambah koleksi buku saya, juga melalui Kopral Cepot. Untuk Anda berdua saya ucapkan Hatur Nuhun, Terima kasih, Arigato ghozaimash, thank’s a lot, merci, danke, jazakallah, hatur tangkyu.

      Ada sedikit masukan jika Anda anggap bermanfaat, tahun 2009 lalu saya pernah men-copy manuskrip kitab Nashihatul Muslimina wa Tazkiratul Mu’minina fi Fadhailil Jihadi wa Karaamatil Mujtahidina fi Sabilillah ( نصيحة المسلمين و تذكرة المؤمنين فى فضائل الجهاد وكرامة المجتهدين فى سبيل الله ) karya Syeikh Abdus Shomad Al-Falimbani dari perpustakaan nasional, untuk teman saya yang dapat beasiswa S-2 spesialisasi menelaah kitab klasik indonesia berbahasa arab/arab melayu.

      Barangkali kitab itu bisa menjadi referensi tambahan untuk Buku Perang Sabil di Nusantara. Cuma sayang copian kitab itu entah disimpan dimana, tapi Anda bisa menemukanya di perpustakaan nasional.

      ************************
      Saya suka sejarah karena bisa mengetahui masa lalu dan mempersiapkan masa depan, masing-masing kita akan bahkan sedang menuliskan sejarahnya masing-masing, perbedaannya hanya pada media tulis. Tinta biasa atau tinta emas. Kertas, kulit, kayu, batu, atau hardisk. Media apapun itu semoga bisa mengabadikan sejarah kita sekuat pahatan relief di dinding candi.
      ************************
      As-Sundani, Al-Garuti, dan lebih spesifik bertetangga dengan Kecamatan Malangbong.

  2. dennydublin@yahoo.co.id Says:

    insyaALLAH saya yakin buku tersebut akan mempengaruhi jalan pikiran orang . paling tidak satu – dua ( meskipun ) sege –

    lintir orang. sudah menciptakan sejarah khan walaupun untuk diri sendiri !!

    • arhsa Says:

      Amin. betul sekali.
      Terima kasih sudah berkunjung kemari.
      Ada buku lain yang bagus dan bisa Anda baca untuk menciptakan sejarah diri kita, yaitu buku Api sejarah karangan Ahmad Mansyur Surya Negara (dua jilid).


بسم الله الرحمن الرحيم

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: