Islamic book fair 2013

menuju ummattt3

(sumber gambar : http://www.islamic-bookfair.com/images/menuju%20ummattt3.jpg)

Ahad, tanggal 3 Maret 2013 M – 22 Rabiul Akhir 1434 H sempat mengunjungi Islamic Book Fair di Istora Gelora Bung Karno Senayan. Alhamdulillah ada buku yang dibawa pulang dan hampir semuanya berbahasa arab. Walaupun tidak begitu banyak tapi cukuplah untuk sekedar menghilangkan dahaga ilmiah.

Diantara buku-buku yang bisa saya bawa pulang:

(saya beli sendiri, uangnya dari saku hehehe…)

IMG0098A

التربية على منهج أهل السنة (Tarbiyah/pendidikan berdasar manhaj ahli sunah, penulis Dr. Ahmad Farid, bagus ini buku, baru baca muqodimahnya saja sudah menggugah, recomend lah tapi berbahasa arab, mungkin terjemahanya sudah ada) recomend

IMG0097A

صور من حياة التابعين  (gambaran kehidupan para tabiin, penulis Dr. Abdurrahman Ra`fat Basya (alm.). sebenarnya saya sudah punya ebook PDF, karena saya termasuk maniak buku biografi maka saya bela-belain harus beli.

ada yang menggelitik saya dari buku ini, penulis menempatkan Atho bin Abi Rabah, pada nomor pertama. beliau adalah seorang ulama besar dari kalangan tabiin, mantan budak berkulit hitam. tapi keilmuan beliau sungguh luar biasa. sampai-sampai Khalifah Sulaiman bin Abdul Malik melarang orang untuk memberi fatwa kecuali Atho bin Abi Rabah.

Islam tidak memandang warna kulit, status, ekonomi, dll. yang paling tinggi derajatnya yang paling bertakwa kepada Allah, kisah ini bisa dijadikan motivasi untuk maju dan sukses, seperti apapun latar belakang kita.

saya sangat mengapresiasi Dr. Abdurrahman Ra`fat Basya (alm.) selaku penulis buku ini. pokonya recomend banget lah. kalau mau download ebooknya silahkan melalui link ini http://ia600702.us.archive.org/13/items/suhatasuhata/suhata.pdf (kalau sudah ada dana silahkan beli buku aslinya, mungkin terjemahanya sudah ada.)

IMG0104A

صور من حياة الصحابة  (gambaran kehidupan para sahabat, penulis Dr. Abdurrahman Ra`fat Basya (alm.). sebenarnya saya sudah punya ebook PDF, karena saya termasuk maniak buku biografi maka saya bela-belain harus beli juga, tapi sayang jilid satu laku banget, maka tinggal jilid dua.

jika Anda ingin punya tokoh idola yang ideal, bacalah buku ini dan buku diatas, ambil tokoh yang ada kemiripan dengan sifat, gaya, karakter, dll. Anda, jadkan ia sebagai acuan, contoh, teladan, insya allah anda akan mendapat hal-hal positif, lakukanlah dialog imaginer dengan mereka, selami kehidupan mereka. karena mereka adalah generasi terbaik yang langsung dididik di universitas madinah (tempo dulu) oleh murobbi terbaik yaitu Rasulullah saw.

kalau mau download ebooknya silahkan melalui link ini s203841464.onlinehome.us/waqfeya/books/23/59/shs.rar (kalau sudah ada dana silahkan beli buku aslinya, mungkin terjemahanya sudah ada.)

IMG0105A

sebenarnya saya sudah punya dua syarh arbain an-nawawiyah, termasuk Jamiul ulum wal hikam (50 hadits) karya Ibnu rajab Al-hanbali, tapi karena -doyan- sama arbain jadi saya beli lagi syarh-nya. ga papa lah buat nambah-nambah gizi.

yang ada waktu silahkan beli dan baca, kalau bisa hafalkan, ini hadits-hadits mendasar yang akrab dengan kehidupan sehari-hari. recomend pisan

(yang dibawah ini ada yang bayarnin, asli di traktir makan  buku)

IMG0099A

الموطأ  (Al-Muwatho, penulis Imam Malik, buku hadits pertama yang fenomenal (sebelum Shohib Bukhari dan Shohih muslim ditulis). Buku ini dihafal diluar kepala oleh Imam Syafi`i. recomend

IMG0100A

خلفاء الرسول  (para khalifah Rasulullah yang empat, penulis Kholid Muhammad Kholid. baru baca dua lembar, jadi belum bisa komen)

IMG0101A

ديوان الإمام الشافعي  (kumpulan syair-syair Imam Syafi`i, ini kitab asli ajib jiddan, di dalamnya diceritakan kejeniusan Imam Syafi`i saat menghafal Kitab Al-Muwatho karya Imam Malik (di Madinah), hari pertama (kalau istilah sekarang satu jam pelajaran) ikut belajar beliau mampu menghafal 25 hadits yang diajarkan Imam malik lengkap dengan keteranganya, sekali dengar hafal, subhanallah (halaman 81).

kemudian beliau belajar fiqih madzhab Hanafi kepada murid Imam Abu Hanifah (beliau sudah meninggal saat Imam Sfafii lahir) yaitu Abu Yusuf dan Muhammad bin Hasan Asy-Syaibani, Muhammad bin Hasan memberi (entah meminjamkan) kitab Al-Ausath karya Imam Abu Hanifah dan semalaman Imam syafii menghafal kitab tersebut, menjelang pagi sudah hafal, subhanallah  (halaman 93).

dulu saya hanya mendengar kisah kejeniusan Imam Sfafi’i, sekarang alhamdulillah baca sendiri. saya bela-belain beli buku ini karena Imam Syafii termasuk salah satu tokoh idola saya sejak di SD. dan beberapa syair beliau di ajarkan saat mondok dulu.

ayo, yang lagi ada keluasan rizki beli beli, daripada beli buku ga jelas yang merusak otak mending beli buku-buku bermanfaat, bisa jadi ada lompatan pencapaian yang akan anda dapat setelah membaca buku-buku menggugah seperti ini. gak mahal kok cuma Rp. 83.500 setelah diskon 35% jadi 53.000, gak nyampe harga Iphone atau Ipad hehehehhehehe… recomend,

IMG0103A

فقه السيرة  (kajian sejarah hidup Rasulullah, penulis Dr. Ramadhan Al-buthy, tiga tahun lalu sempat baca tapi ga sampe tamat, tapi lupa lagi, yang pasti recomend)

(yang dibawah ini hadiah dari orang)

IMG0106A

رحلتى مع غاندى   (perjalananku bersama Gandi, penulis Ahmad as-suqoiry)

IMG0107A

لو كان بيننا الحبيب صلى الله عليه وسلم  (Jika saja Rasulullah hadir diantara kita, penulis Ahmad as-suqoiry)

(yang dibawah ini hadiah juga, belum pada dibaca, jadi ga bisa komen)

IMG0102A

Al-Qur`an biasa

IMG0108A

Al-Qur`an dan terjemah

IMG0109A

Semacam buku guide buat traveling

IMG0110A

yang ini dan seterusnya ada judul bahasa indonesianya, jadi baca sendiri saja ya.

IMG0111A

IMG0112A

IMG0113A

IMG0115A

sebenarnya saya suka  sedih bahkan pengen nangis kalau ke toko buku atau pameran buku, maslahnya gak bisa borong, ingin rasanya saya mengajak pulang Fathul Bari-nya Ibnu Hajar al-Asqolani, Syarh Muslim-nya Imam Nawawi, Tafsir Al-munir-nya Syeikh Wahbah Az-Zuhaily, Al-Umm-nya Imam Syafii, Al-Bidayah wan-nihayah-nya Imam Ibnu Katsir, Siyar a’lam nubala, Usudul-ghobah, dan seabrek kitab dan buku lainya.

ya sudahlah, daripada nangis gak jelas lebih baik syukuri yang ada, baca, baca, dan baca, nulis, nulis, dan nulis.

(gambar diambil menggunakan hape murahan, hasilnya cukup menggembirakan hehehe…)

بسم الله الرحمن الرحيم

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: