Ayo Desain Rumah Sendiri dengan Google Sketch Up

ini posting asli hasil iseng, saya bukan desainer dan tidak punya latar belakang desain apalagi arsitektur, teknik sipil atau apalah namanya. tapi, saya adalah penganut kalimat, “Kalau orang lain bisa, saya juga pasti bisa!”

ya, kita juga pasti bisa, hanya kualitas akan berbeda antara amatir dengan profesional, antara pemula dengan master. wajar. yang ga wajar adalah punya mimpi tapi tidak mau realisasi, punya cita-cita tapi hanya berpangku tangan seperti si Kabayan.

walaupun si Kabayan orang Sunda, tapi orang Sunda bukan si Kabayan. jadi, saya mau bikin rumah dan mau mendesain sendiri rumah tersebut dengan Google Sketchup dan Sweet Home 3D.

Untuk tutorial dasar membuat desain dengan Google Sketchup, silahkan kunjungi posting saya di link ini!

ini hasil iseng-iseng mendesain amatiran.

******************

ini tampilan Google sketchup kosong

00

ini denah lama, yang baru lupa entah disimpan dimana. menggunakan Sweet Home 3D, tapi karena agak susah menggunakanya, terkesan kaku menurut saya tapi hasil karya orang lain yang saya lihat di internet bagus-bagus, ga jodoh kali ya. ini denah otomatis sama dia dikasih ukuran dan dikalikan panjang sama lebarnya.

denah dan ketrrangan

ini desain polos (dibuat selesai dalam sehari, soalnya lima bulan yang lalu pernah buat tapi banyak salahnya, jadi bikin lagi dari awal)

0

ini hasil tanpa loteng (gimana, bagus ga? kalau menurut saya sih bagus hehe…), untuk sementara ga pakai loteng, melihat dana, mungkin rencana jangka panjang pake loteng, jadi atap bagian tengah bersifat fleksibel bisa di angkat saat mau ditambah loteng.

1

2

3

itu di depan dinding adalah tempat untum menanam bunga, seledri, bawang daun, tomat, dan sayuran lain, ya minimal menanam bunga. pojok tenggara untuk pohon di pot agak besar, pojok barat daya keran untuk cuci kaki dan menyiram tanaman.

4

5

sebelah barat di blanwir ga pake atap atau jendela lain karena disampingnya ada jalan umum walaupun kecil.

6

ada kipas pembuang asap dari dapur, namanya lupa, namanya juga lagi mimpi ya dipasang aja, ga bayar kan! he… torn-nya ngejreng tapi ga pake merk soalnya ga ada yang  ngasih dana sponsor he… samping torn bisa buat antena parabola (kali aja ada yang mau hibah he…)

7

8

saya suka efek jendela (itu transfaran lho, ruangan dalam bisa terlihat) dan efek pintu, kaya di ukir dari jepara he…

9

10

ini gambar bagian bawah, di kasih latar biar agak keren

11

ini gambar-gambar  pake loteng untuk rencana jangka panjang.

1

2

ini gambar yang paling saya suka, kayaknya laku dijual nih desain, buat villa di bulan he… tadinya pake pilar bulat dua, tapi atap atas tidak sejajar  dengan atap bawah, posisi pilar tidak diatas dinding bawah, takut tidak pas untuk menahan beban maka pilarnya saya hilangkan.

3

4

cantik ya, bisa di pasangi jam dinding yang agak besar

5

6

7

8

9

10

11

12

ini gambar-gambar dengan garis-garis bantuan, maklum autodidak sejati, manual banget ya he…

side human view

side human view2

side human view3

side human view6

side human view9

side human view11

ini gambar-gambar saat masih belajar dasa (membuat kotak, belokan, membuat atap, membuat 3D dari sketsa, dll. parah banget ya he…) dulu rencana awal semua pake atap, bikin dua atap dipinggir asli susah pisan euy, tapi berhasil juga.

1

2

3

4

5

6

7

8

melubangi kaca. desain yang sudah jadi diatas kacanya transfaran, pake material translucent, kayak kawat ram, efeknya mirip pake gordin transfaran (gambar yang sudah jadi  diatas).

9

desain rumah-2 2D

ini gambar-gambar belajar (coba-coba) bikin arch (lengkung/kubah), nyambung pilar (tapi dengan teropong), dll. jadi, latihan dulu trus praktek ke desain yang direncanakan. sayang, gambar desain tangga buat ke lantai atas entah disimpan dimana.

mirip apa ya,  teropong bintang, sangkar burung, atau stasiun? apa saja boleh yang pasti gambar-gambar dibawah ini saya buat untuk latihan membuat pilar (teropong) yang disambung, lorong/koridor/terowongan, mihrob mesjid, pintu lengkung, gapura, nempel satu desain dengan desain lain, pengiling adonan tepung/kue, cerobong asap pabrik, cerobong perapian musing dingin rumah eropa, bentuk atap, lobi bangunan, dll.

jadi jangan dikira, walau bentuknya ga karuan tapi itu implementasi metoda dalam satu bentuk yang integral (halah… istilah dari mana pula ini!).

teropong bintang

teropong bintang2

teropong bintang3

mungkin seumur ngeblog, baru kali ini posting dua judul dalam satu malam, biasanya dua bulan bahkan enam bulan satu posting, maklum cuma upload gambar.

tapi, saya sedih soalnya versi PDF untuk posting ini belum bisa dibuat, lumayan kompleks bikin tutorialnya, cara ini dan cara itu. kalau cuma bikin PDF dari gambar-bamgar ini sih gampang tapi bukan tutorial namanya. (sekarang sudah ada posting berisi tutorial membuat rumah sederhana dengan Google Sketchup, silahkan kunjungi link ini!)

ala kulli hal, semoga menjadi inspirasi, boleh dicontek, boleh di copy, boleh disebar luaskan (untuk tujuan pembelajaran, atau sample untuk mendesain rumah pribadi), tanpa harus minta izin hanya usul mohon disertakan sumber blog ini biar orang lain bisa mengambil manfaat juga, lumayan saya nambah tabungan pahala kecil-kecilan. Tapi tidak oleh dijual walaupun laku (silahkan lihat lisensinya ke sini http://en.wikipedia.org/wiki/SketchUp). [[ saya tidak tahu apa lisensi Google Sketcup sekarang, soalnya sekarang jadi Trimbe yang menangani. Baca saja lisensinya. Ke depan, saya mau mempelajari Libre Cad atau sejenisnya di Linux yang lisensinya free.]]

Desain ini asli kreasi saya, ga nyontek contoh yang sudah jadi, makanya ada perbedaan dari rencana awal seiring dengan kalkulasi dana (belum dibuat lho. sekarang sudah bibangun, baru berdiri bata, 85% mirip dengan desain ini) dan efisiensi material (penggunaan kayu bisa diminimalisir). saya hanya belajar dasar, seperti contoh diatas kemudian diterapkan pada desain yang saya konsep, bisa jadi nanti ada perubahan lagi.

paling tidak, sudah ada dokumentasi digital, file-file lama entah disimpan dimana.

************

Apa betul desain diatas adalah untuk rumah saya?

maunya sih begitu, tapi nanti rumah saya seperti desain diatas atau tidak hanya takdir yang menentukan. Rumah yang haqiqi adalah surga, rumah sebelum surga adalah sepetak tanah di area kuburan. Rumah di dunia hanya persinggahan, punya rumah bagus atau tidak bagus yang penting dibangun dari dana yang halal.

Jadi, sambil mengumpulkan dana buat membangun rumah jangan lupa untuk mengumpulkan amal sholeh untuk membangun rumah di alam kubur dan di Surga. Mudah-mudahan, dunia dan akhirat berkah dan bahagia. Amin.

46 Tanggapan to “Ayo Desain Rumah Sendiri dengan Google Sketch Up”

  1. cumakatakata Says:

    Wah, saya nyimak aja ini Sob…

  2. Ade Malsasa Akbar Says:

    Kalau saran ana, lebih baik segala hal teknis blog ini antum fokuskan ke tutorial Sketchup saja. Selain antum bisa cari uang dengan itu, antum bisa membawa manfaat untuk teman-teman lainnya. Antum niat sekali sampai semua gambar antum unggah.

    • arhsa Says:

      Saya sering melihat arsitektur bagus-bagus, saya penasaran dengan desain 3 dimensi. Maya, Autodesk Autocad atau 3DSMax, Blender, Sketch Up, dll. (awalnya saya kagum dengan desain mesjid-mesjid Islam di Asia Tengah, Turki, Baghdad, Syam, Spanyol).

      Saya ingin mencoba sesuatu yang baru, yang tanpa memiliki dasarnya, bisakah? Ternyata bisa, jadi apapun bisa kita lakukan kalau mau mencoba dan berusaha. seperti Otodidak yang Mas Malsasa ciptakan. mudah-mudahan posting ini bisa menjadi salah satu bagian “To Reduce Complexity” seperti yang Antum tulis, bahwa menjadi desainer bukan sesuatu yang sulit. Anggap mudah, dan yakini pasti mampu, hasilnya adalah ‘berhasil’.

      Kenapa contoh yang dibuat rumah saya (walaupun belum tentu seperti itu)? biar ada gambaran riil, ukuran dan bentuknya jelas, bukan teori, tapi praktek setelah itu bikin teori, oh begini to membuat ini dan itu, teori cukup dasar-dasarnya saja.

      Kenapa di upload semua? biar jelas, bahwa gambar diatas tidak langsung jadi bagus, ada proses yang acak-acakan sampai bisa mulus. alasan lain, jaringan lagi bagus dan space 2 GB dari WordPress masih banyak. hehehe…

      Terima kasih atas sarannya, tapi mungkin saran antum, tidak bisa saya laksanakan, afwan. ada banyak alasan yang tidak bisa saya sampaikan dan blog ini sebenarnya untuk latihan menulis, bukan mencari penghasilan. mudah-mudahan bisa menjadi inspirasi bagi yang memiliki niat kesana.

      ‘Ala kulli hal, jazakalloh khoiron.

      • Ade Malsasa Akbar Says:

        Tidak mengapa. Dulu saya game developer, dan saya paham kalau game designing itu diawali dengan mengumpulkan ide sebanyak-banyaknya. Nanti, ambil saja yang terbaik, tidak perlu semuanya. Itu hak mutlak antum. Makanya saya senang sekali melihat antum mendesain beginian. Namun ana mau sedikit merecoki antum lagi nih: kalau dengan ini antum bisa membuka lapangan kerja bagi banyak orang, bagaimana? ^_^

        Antum punya hak mutlak untuk belajar. Gunakan sebaik-baiknya, Akh. Antum percaya saja kalau antum bisa.

      • arhsa Says:

        Subhanallah.
        Baiklah, saya buka kartu, nanti saya ingin membuat sebuah lembaga namanya ASDC (Aitam Skill Depelopment Center). Visi Misinya adalah mengumpulkan anak-anak yatim (nantinya ditambah anak-anak tidak mampu) pasca SLTA/SMA dll. dan membekali mereka dengan skill yang sesuai dengan kecenderungan masing-masing (mengadopsi multiple intelligence-nya Howard Gardner yang sebetulnya sudah diterapkan oleh Rasulullah kepada para sahabat jauh sebelum teori gardner muncul) untuk bekal mereka hidup.

        Kenapa fokus pada anak yatim? Karena kebetulan saya sudah yatim sejak usia 3 tahun, merasakan bagaimana menjadi yatim dengan segudang permasalahan yang kompleks sampai bisa survive. Saya berpikir (karena saya ada hehehe… jadi ngelantur) jika saya selama ini hidup dari kebaikan orang lain, maka sekarang saya harus memberikan kebaikan pula pada orang lain. jika dulu tangan saya dibawah maka sekarang harus diatas, jika dulu sebagai mustahiq maka sekarang harus menjadi muzakki. Sekecil apapun usaha kita, tidak masalah, Allah tidak menilai dari kuantitas tapi dari entitas dan kontinyuitas. Sebab, Surga bukan dominasi orang kaya.

        Komputer adalah salah satu skill yang saya miliki, maka dari situ saya mulai, mempelajari, mengumpulkan dan nanti meng-compile (meminjam istilah Linux) menjadi satu modul terintegrasi sebagai acuan dan muqorror (kurikulum).

        Dari Komputer saja ada banyak sub yang bisa diberikan : OS, Video editing, Photo editing, internet, instalasi dan perbaikan, jasa pengetikan, web, animasi, sablondigital, dll. belum skill lain seperti menjahit, peternakan, pertanian, perikanan, toko buku, konveksi dan toko pakaian, dll.

        Insya Allah dari situ bisa menghasilkan tenaga ahli yang kreatif, membuka lapangan kerja, mengurangi pengangguran, meminimalisir kejahatan sosial, dst.

        Saya mulai dari yang saya bisa,komputer dan beberapa aplikasinya. Alhamdulillah, ada beberapa mantan adik kelas yang saya ajak belajar bersama ternyata mereka bisa mandiri dengan skill (yang masih seputar komputer) yang mereka kuasai, bahkan bisa menghasilkan income, kemampuannya melebihi saya. Sekarang mereka sedang saya kader, kelak merekalah instrukturnya.

        Dari situ saya yakin, cita-cita itu bisa terlaksana, sebab dalam ranah mikro sudah saya praktekan, tanpa teori, praktek langsung. teori cukup dasar-dasarnya, trial and error.

        Saya tidak ingin mengambil keuntungan materi dari program tersebut, murni sebagai amal sosial. Jika cita-cita saya memiliki beberapa usaha seperti toko buku, toko pakaian dan ternak kambing (plus kambing peras kalau bisa sapi sekalian) maka tenaga kerjanya saya suplai dari ASDC, mereka punya skill ada tempat magang, jika mereka berbakat bisa buka cabang atau bahkan kita lepas supaya mereka mandiri, tidak perlu takut tersaingi, sebab Allah sudah memberi jatah rizki masing-masing perbedaan pendapatan hanya dari kualitas usaha, doa, zakat dan amal sosial masing-masing.

        Mohon maaf panjang lebar, dan mohon doanya dari Antum yang punya semangat tinggi dan ide-ide kreatif. sejalan dengan yang saya baca dari buku Api Sejarah karya Ahmad Mansyur Surya negara. Saya kutip satu paragraf:

        “Mengapa sejarah dapat diubah hanya dengan realitas sarana yang sangat sederhana. Namun, berdampak abadi dan menembus daratan, lautan, serta udara yang tiada batas. Dalam durasi waktu yang berbataskan akhir zaman. Padahal, hanya digerakan oleh personal yang merupakan a tiny creative minority – kelompok kecil minoritas yang penuh kreativitas.” (Api Sejarah jilid 1 hal. 26)

        Pada halaman xvix, Prof, Dr. K.H. Salimuddin Ali Rahman, MA. mengawali pengantar buku tersebut dengan ayat berikut:
        وَلْتَنْظُرْ نَفْسٌ مَا قَدَّمَتْ لِغَدٍ
        Beliau tulis terjemahnya seperti ini: “Perhatikan sejarahmu untuk hari esokmu”

        Ayat lengkapnya:
        {يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَلْتَنْظُرْ نَفْسٌ مَا قَدَّمَتْ لِغَدٍ وَاتَّقُوا اللَّهَ إِنَّ اللَّهَ خَبِيرٌ بِمَا تَعْمَلُونَ} [الحشر: 18]
        Ini terjemahan Al-Qur`an Digital versi 2.1;
        “Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat); dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.”

        Ini terjemahan versi saya, “Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Tuhan (Allah Swt.), dan hendaklah setiap diri memperhatikan… untuk hari esok apa yang ia siapkan… dan bertakwalah kepada Tuhan (Allah Swt.)… sebab ia maha tahu apa yang engkau lakukan…”

  3. Ade Malsasa Akbar Says:

    Afwan, ana sama sekali tidak peka dengan kesulitan antum. Ana baru paham sekarang. Ini balasan ana:

    Antum inginnya buat tombol yang bisa membuka JFrame lain, toh? Ini caranya:

    1) Tombol > klik kanan > Event > pokoknya event yang bernama click
    2) Pasti antum masuk ke editor kode > ketik di situ pas kode tombol pada event tadi:

    this.dispose();
    new jframeantum.setVisible(true);

    dengan catatan, antum sudah buat 1 JFrame baru dengan nama jframeantum di dalam 1 package yang sama. Bebas antum kasih nama lain. Kode inilah yang memanggil JFrame itu.

    Coba run, Akh. Semoga antum berhasil, Akh.

    • arhsa Says:

      Jazakallah khoirol jaza ya akhi, Insya allah saya praktekan.
      sebetulnya event ini sering saya klik pilihan-pilihanya tapi setelah muncul kolom kode, nah disitulah permasalahannya, coding, java belum tahu sama sekali. mudah-mudahan via behind the scene-nya Otodidak saya bisa belajar lebih mendalam.

  4. Amiril Says:

    ijin belajar sob…
    kayaknya bagus ni buat iseng2 coba sesuatu yang baru…

    • arhsa Says:

      Silahkan, tapi tutorialnya belum ada hehe… masih dalam proses. Ya, mudah-mudahan dari iseng menjadi serius. Terima kasih sudah berkunjung

  5. Intan Says:

    wih keren banget desainnya…..

  6. Budi Santosa Says:

    izin ikut belajar ya, dan lihat2 mungkin download, kebetulan saat ini saya lagi belajar berhubungan dgn image Editing dengan GIMP dan belajar desain pakai inkscape,…

  7. bapak fauzul Says:

    mantap sob cara belajarnya,,,,
    kelihatanya sangat mudah dan menarik, tapi sulid di praktikinya , patut untuk di coba-coba, syukur2 bisa mendesain rumah untuk keluarga, makasih mas atas tipsnya,,,, salam kenal.

    • arhsa Says:

      sama-sama Pak. yang sulit hanya permulaannya saja, setelah mengenal fungsi tool-tool yang ada ternyata tidak sesulit yang dibayangkan. silahkan dicoba, saya juga tidak punya dasar ilmu desain.

  8. Markus Says:

    i like this. inspiratif bgt. kbtulan saya lg nyari info beginian, eh ktmu. siipp lh. Thanks yaa

  9. Fahriadi Darani Says:

    syukran atas toturialnya, moga dapat berkreasi minimal untuk bangunan pribadi …

  10. aris Says:

    bagi tutorialnya yang lain dong mas…………..aku juga lagi belajar nih

  11. Labok Bocky Says:

    Ijin gabung ya, soalnya aku pengen banget mau tahu gimana cara mendesain sebuah rumah dan ijikan untuk aku menyalin gambarnya sebagai acuan terima kasih.

  12. rini roslim Says:

    Sangat bermanfaat pak, semoga cita2 dan niat baik antum segera terwujud.. aamiin..

  13. Ismail Says:

    Assalamualaikum, Numpang belajar yah sama bapak, di tunggu tutoriallnya !🙂 (tutorial easy to expert)

  14. Compress Pdf Jadi Kecil | PDF Finder Says:

    […] belakang desain apalagi arsitektur, teknik sipil atau apalah namanya. tapi, saya adalah … Download Ayo Desain Rumah Sendiri dengan Google Sketch Up | Goresan … | […]

  15. Rumah Solo Says:

    Menarik sekali desain rumahnya. Saya juga pengin bisa mendesain rumah sendiri. Terima kasih banyak artikelnya.

  16. wahyu Says:

    wahh harus sabar memang, banyak step2nya

  17. enda Says:

    good idea … simpel yah hehehe.. boleh juga nih saya cobain..thanks gan infonya bermanfaat🙂 mampir gan http://www.caraotakkanan.blogspot.com

  18. Alfabank Jogjakarta Says:

    Weww… pake sketchup merancang rumah jadi gampang bingit ya brow.
    Ilmunya bermanfa’at banget nih, semoga berkah melimpah buat penulisnya, dan pembaca mendapat manfaat pula🙂 btw, kalo ada yg mau belajar rincian gambar teknis, analisa struktur dan material yang tepat untuk bangun rumah, trus perkiraan waktu pengerjaan berikut total anggaran biaya yg diperlukan. monggo mampir ke http://alfabankjogja.com/website/blog/category/rancang-bangun/
    Makasi sobat🙂

  19. properti rumah Says:

    kita dari perusahaan properti ingin mengajak teman2 blogger untuk melakukan paid review

    untuk teman2 yang berminat melakukan paid review dan memiliki niche sbb:

    rumah
    desain rumah
    berita
    properti
    arsitek
    dekorasi
    atau yang berhubungan dengan niche diatas.

    kita akan menawarkan mulai dari rp. 250rbu-500rbu / blog post tergantung kualitas blognya dengan jumlah kata min. 400 kata.
    dan mencantumkan minimal 2 link ke situs yang kita minta.

    blog harus memiliki min. pr 1 dan berumur min. 1 tahun.

    yang berminat silahkan PM ke inbox
    soffian rahmat ( http://www.facebook.com/soffianrahmat1 )
    atau kirim email developerrumahku@gmail.com

  20. Dwi Windy Says:

    Jadi pengen bisa juga… keren…

  21. Jendela UPVC Says:

    Desain rumahnya keren mas,
    Kalau Boleh Request.., Tutorial rumah yang minimalis Type 36😀.
    Yang banyak orang cari untuk di perumahan.
    Thanks

  22. kabarnesia.com Says:

    informasinya lengkap dan sangat membantu!
    Salam kabarnesia.com

  23. anymous Says:

    Itu maksudnya rmh tingkat? Itu klo hujan ngembang dong bro airnya disitu jadi jelek rmhnya

  24. Aini Lopez Says:

    postingannya keren sob… tapi udah lama ternyata.. saya baru buka. tapi saya penasaran dengan ASDC… padahal kalau diperkenankan saya pengen jadi bagian dari itu. hehe…

  25. Yadi choi Says:

    Sangat bagusssssdd


بسم الله الرحمن الرحيم

