Seting Bahasa Arab di Windows 7

Tutorial ini barangkali sudah banyak yang membuat, mungkin juga sangat mudah, tapi sebagai dokumentasi dan upaya membantu yang belum mengetahui mudah-mudahan bisa bermanfaat. Mari kita mulai!

A. Seting Bahasa Arab di Windows 7

Klik tombol Start (logo Windows) > pilih Control Panel

1

Muncul tabel dialog berikut, klik Clock, Language, and Region

2

Muncul tabel dialog berikut, klik Region and Language, akan muncul tabel Region and Language. Secara default (bawaan) seting Windows menggunakan Bahasa Inggris ‘English (United States)’.

4-1

Silahkan ganti ‘English (United States)’ menjadi ‘Arabic (Saudi Arabia)’. Klik ‘Apply’ di sebelah bawah. Coba lihat taskbar, sekarang telah muncul ‘Language Bar’, jika di klik akan muncul pilihan Bahasa Inggris atau Bahasa Arab. Anda juga bisa menambahkan Bahasa Indonesia, dan bahasa lainya dengan cara tadi.

5

##################

B. …

C. …

##################

D. Mencoba (test) Menulis Bahasa Arab

Saya coba test menulis bismillah dan salam di Kingsoft Office Writter versi gratis

i4

Saya coba test menulis bismillah dan salam di Open Office versi 3.4.1

i5

E. Saya Tidak Bisa Menulis Arab

Jika Anda termasuk mereka yang tidak bisa menulis bahasa arab, La Tahzan, Don’t be sad, jangan bersedih! Gunakan saja on screen keyboard, kemudian Anda bisa print out sambil jalan hafalkanlah letak huruf-huruf arab tersebut sehingga anda tidak bergantung pada keyboard virtual.

Klik tombol Start (logo Windows) kemudian pada kolom search (dibagian bawah) tulis ‘on screen keyboard akan muncul keyboard virtual (biasanya disebelah atas), silahkan klik. 

a

Muncul keyboard virtual, tapi masih menggunakan huruf latin

keyboard1

untuk merubah menjadi huruf arab, klik kombinasi Left ALT+Shift, hasilnya menjadi seperti berikut. Untuk menambah harakat, tahan shift kemudian tekan salah satu tombol harakat yang ada diatas huruf-huruf : ذ ض ص ث ق  س ش ء

keyboard2

(Harakat bisa dipasang setiap selesai mengetik satu huruf -fathah, kasroh, dhomah, sukun, tasydid, dll. bisa juga setelah tulisan arab selesai. saya biasanya memberi harakat setelah semua kalimat selesai ditulis, dengan bantian tanda panah di keyboard)

Silahkan berkreasi!

Untuk lengkapnya (11 halaman) silahkan download versi PDF atau versi ODT (open document) atau kunjungi halaman download.

*****

[ TIPS ]
(Insya Allah bermanfaat bagi yang ingin menangkap tampilan di desktop untuk membuat tutorial dalam bentuk PDF)
 
Pertanyaan : Bagaimana menangkap tampilan yang ada di desktop saat ingin membuat tutorial seperti diatas?
Jawaban : Gampang, untuk menangkap semua yang tampil di desktop Anda cukup tekan tombol Print Screen lalu paste di program pengolah gambar seperti Photoshop, Gimp, Paint, dll. Saya menggunakan Paint, karena sudah ada di Windows. Save dan beri judul, pilih formatnya PNG, JPEG, TIFF, dll.
Setelah itu masukan ke program pengolah kata (word processor) seperti MS. Word, atau yang gratis seperti Abi Word, Open Office, Libre Office, dll. (saya menggunakan Open Office versi 3). atau dengan program desktop publishing seperti Adobe Indesign (dulu Page Maker) atau yang gratis Scribus. kemudian beri catatan atau keterangan.
Untuk mengambil tampilan tertentu, atau tabel dialog yang terakhir muncul, tahan tombol ALT kemudian tekan tombol Print Screen, paste di rogram pengolah gambar, Save dan beri judul, pilih formatnya.
Pertanyaan : Bagaimana merubah file .doc (MS. Word versi 2003) atau .docx ( MS. Word versi 2007 keatas) menjadi file PDF?
Jawaban : Jika Anda Menggunakan word processor gratis seperti yang saya gunakan diatas seperti Kingsoft Office (format file-nya .wps, bisa juga menyimpan dalam format .doc dan .rtf), Open Office (format file-nya .odt -open document-bisa juga menyimpan dalam format .doc dan .rtf) dan Libre Office (format file-nya .odt -open document-bisa juga menyimpan dalam format .doc, docx dan .rtf), Abi Word (format file-nya .wps bisa juga menyimpan dalam format .doc, .docx dan .rtf ) semuanya sudah menyediakan tombol yang bisa di klik dan jadilah file PDF dari tulisan yang Anda buat.
Jika anda menggunakan MS. Office 2010, sudah ada opsi menyimpan tulisan yang Anda buat menjadi PDF. Klik Save as > pilih format PDF.
Jika Anda menggunakan MS. Word versi 2007 kebawah, Anda bisa menginstal PDF Creator atau Nitro PDF, nanti pada menu bar akan muncul pilihan untuk menyimpan tulisan menjadi PDF.
 
***
 

4 Tanggapan to “Seting Bahasa Arab di Windows 7”

  1. cumakatakata Says:

    Sangat membantu Mas…

    saya donlot PDFnya…

    • arhsa Says:

      Al-hamdulillah, silahkan Mas, kalau bisa sebarkan ke semua orang, walau dengan cara sederhana mudah-mudahan bisa ikut mencerdaskan bangsa

  2. fi Says:

    Udah saya atur seperti langkah tersebut..
    Tapi kok sush banget mau nulisnya ya?

    • arhsa Says:

      Tidak ada yang susah, yang ada adalah sudah biasa dan belum biasa. Biasa karena dibiasakan atau dipaksakan, seperti belajar Bahasa Inggris, melafalkan, menulis, menghafal arti, speaking, reading, hearing, writting, dll. sangat susah, kok bisa?! apa rahasianya? Mungkin bisa diterapkan dalam masalah ini. Biasa dan dipaksa akan jalan karena ada motivasi ingin bisa atau harus bisa.

      beberapa teman saya mencetak huruf-huruf arab lalu ditempel satu-satu diatas keyboard menggunakan lakban bening, beberapa teman yang lain mencetak keyboard Arabic agak besar dan menempelnya diatas dinding tepat diatas tempat komputer, tapi saya tidak, saya cuma menghafal posisi huruf-huruf tersebut, kemudian belajar menulis kalimat-kalimat berbahasa arab yang umum, seperti الله بسم الله الرحمن الرحيم السلام عليكم ورحمة الله وبركاته diulang-ulang kemudian menambah dengan kalimat-kalimat pendek yang lain. memberi harakat bisa belakangan,

      perlu waktu dan kesabaran, butuh perjuangan walaupun sepertinya sangat gampang, belajar terus terus belajar!


بسم الله الرحمن الرحيم

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: