Mari Mendulang Pahala dengan Berbagi

“Bisa jadi, apa yang Anda anggap kecil dan sederhana ternyata  besar dan sangat bermakna bagi orang lain. Mari mendulang income pasif pahala dengan membuat karya bermakna.”

Berbuat baik bisa dengan berbagai cara. Jika secara ekonomi tidak mampu untuk memberi kontribusi kepada orang lain, ada solusi lain yang bisa ditempuh. Memberikan ide, membantu dengan tenaga, ikut menyalurkan dan mendistribusikan, mencarikan penyumbang dana, dan langkah-langkah kreatif lainya. sehingga, keran pahala bisa tetap mengalir  tanpa tersumbat kendala ekonomi.

Dalam ranah maya (internet), pahala juga bisa tetap lancar mengalir menjadi income pasif. Postingan yang baik, nasihat kepada kebenaran, ajakan untuk memperbaiki khilaf dan salah, update status yang membuat orang sadar atau membangkitkan semangat, Twit yang bermakna, bahkan jika mau lebih bersabar dan memberikan energi agak besar buatlah beberapa lembar tutorial, panduan, tips, atau apa lah namanya, yang bisa bermanfaat bagi orang lain. Silahkan pasang di Blog dan persilahkan juga para pengunjung untuk mengambil manfaat darinya.

WordPress memberi space 3GB untuk setiap blog, tentu cukup untuk menyimpan dokumentasi untuk di-share kepada semua orang. File yang di dukung cukup banyak, PDF, DOC, DOCX, JPG, PNG, GIF, TIFF, PPT, PPTX, dll. Daripada meng-insert foto atau gambar tidak bermakna, tentu lebih baik menampilkan satu atau dua screenshoot dari tulisan/tutorial yang kita buat.

Bisa jadi, apa yang Anda anggap kecil dan sederhana ternyata  besar dan sangat bermakna bagi orang lain. Mari mendulang income pasif pahala dengan membuat karya bermakna. Ide Postingan ini muncul saat saya mencari cara  bagaimana memulai Netbeans untuk membuat suatu aplikasi.

Google mengantarkan saya ke blog-blog yang mengatakan bahwa mereka sekedar berbagi, sekedar menyimpan, sekedar mendokumentasi, sekedar iseng. Padahal, dari posting yang menurut mereka sekedar ternyata bagi orang lain sangat bermanfaat. Sama seperti saat saya bertanya ke saudara saya Kopral cepot bagaimana cara memasang translate blog  di right bar wordpress. Hatoer tangkyu Kopral, sudah nangkring translate-nya, insya Allah  posting cara memansang translate-nya menyusul kemudian.

Begitu juga saat saya berkunjung ke Blog My Surya (di blog-nya yang lama -engkaudanaku-) dan melihat kolom komentar diawali dengan bismillah. Akhirnya, kolom komentar blog saya pun diawali dengan bismillah. Kemudian, ada sahabat bloger yang lain menanyakan cara memasang bismillah tersebut. Subhanallah, sudah terjadi estafet ilmu sederhana namun begitu bermakna.

Perjalanan ini (dengan nada Ebiet G. Ade) dan perjalanan-perjalanan sebelumnya yang sering saya lakukan ke blog-blog kawan-kawan yang lain mengajari saya bahwa berbagi itu sungguh indah. Dan diantara keindahan berbagi itu di manifestasikan oleh para penggiat Open Source Software dengan GNU Linux sebagai primadonanya.

Mereka,  dengan sukarela, tanpa dibayar, memberikan karya terbaiknya untuk dimanfaatkan oleh orang lain. Bahkan, tidak jarang mereka sendiri yang justru mengeluarkan uang untuk sebagai modal dan dana untuk mendukung semangat berbagi yang mereka  yakini. Saya yakin Anda menggunakan VLC, WordPress, Blogspot, FDM, Firefox, dll. Silahkan nikmati sajian program-program gratis di Sourceforge.net

Sekedar contoh di dunia Linux:

Berapa biaya yang dikeluarkan Mark Shutterworth untuk membiayai Linux Impi di Afrika, Membangun Linux Ubuntu dan proyek shipt it yang mengirimkan CD Ubuntu original dengan gratis (sekarang sudah dihentikan), per orang minimal tiga keping CD (Ubuntu, Kubuntu dan Edubuntu). Saya termasuk yang mendapat kiriman Ubuntu 8.10 Interpid Ibex dari Belanda saat saya masih kuliah tahun 2008.

Berapa  dana yang dikeluarkan relawan Debian untuk menghasilkan distro Linux yang terkenal sangat handal. Padahal proyek Debian hanya mengandalkan soliditas komunitas tanpa ada dukungan dari suatu perusahaan. Jika pun ada, hanya berupa donasi dari mereka yang merasa terbantu dan ingin agar proyek-proyek tersebut terus berlanjut.

Tulisan ini,  bisa jadi dilanjutkan… Insya Allah

Ditulis dalam ilmu, Umum. 5 Comments »

5 Tanggapan to “Mari Mendulang Pahala dengan Berbagi”

  1. fi Says:

    Assalaamu’alaykum..
    Antum jurusan komputer, ya?
    Ana mau tanya soal bahasa Arab yang antum singgung di Merajut Kata, di mana ana bisa dapat link belajar yang mudah, ya?
    Syukran.

    • arhsa Says:

      وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته
      saat kuliah saya jurusan dakwah (yang dipelajari mencakup syariah, tarbiyah dan ushuluddin), pengantar kuliah berbahasa Arab semua kecuali Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia.

      kenal komputer hampir seluruhnya autodidak, dulu tahun 98 hanya diajari sedikit DOS dan WS (Word Star). tahun 2004 iseng ikut orang yang sedang kursus nginstal Windows selama tiga hari. sisanya (termasuk Linux) autodidak, beli buku dan majalah bekas di emperan toko kemudian blogwalking sambil save as dan download ebook hee…

      Saya ada niat untuk buat modul Bahasa Arab untuk pemula berbasis pengalaman pribadi, mungkin perlu waktu, sementara bisa mengikuti link yang saya taruh di blog Fi. Mohon maaf belum bisa membantu dengan lengkap.

  2. cumakatakata Says:

    Berbagi tidak mengurangi…


بسم الله الرحمن الرحيم

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: