waqfeya.com dan shamela.ws, download kitab-kitab digital

Transformasi ilmu (waqfeya.com dan shamela.ws)

Ilmu memberi garansi kepada iman agar tetap lurus. Dengan ilmu ibadah akan menjadi benar, terarah serta selamat dari penyimpangan. Ilmu juga menjadi pondasi penopang peradaban dan tegaknya suatu kebudayaan bahkan suatu bangsa.

Agar agama (iman) tetap lurus, ibadah tetap benar, peradaban tetap berdiri, kebudayaan tetap tegak, dan suatu bangsa tetap eksis, perlu adanya penjagaan dan transformasi terhadap ilmu. Sebab, jika ilmu sudah hilang maka apapun akan hilang. Manusia jika sudah tidak berpijak pada ilmu maka tidak akan jauh berbeda dengan binatang, norma tercipta berbasis pada ilmu.

Tranformasi ilmu akan tetap terjaga jika ilmu tersebut terdokumentasi dengan baik, bisa dengan berbagai media baik cetak maupun digital. Jika kita perhatikan, khazanah keilmuan milik umat islam sungguh luas dan dalam, tidak ada yang menandingi.

Silahkan buka kitab-kitab klasik atau kontemporer, karya-karya para ulama tersebut sangat luar biasa. Satu jenis kitab bisa terdiri dari belasan jilid tebal. Saking tebalnya, satu buku bisa lebih dari setengah meter.  padahal, ada puluhan disiplin ilmu  yang merangkum semua pengetahuan baik yang membahas masalah-masalah agama maupun masalah-masalah umum seperti kedokteran, geografi, fisika, astronomi, dll.

Perpustakaan Klasik

Sebelum teknologi digital dikenal manusia, ilmu hanya bisa diakses dengan dua media, bertanya kepada pemilik suatu ilmu dan membaca buku versi cetak baik kertas, kayu, kulit, dan media keras lainya.

Satu buku atau kitab memiliki bobot yang cukup berat apalagi jika beberapa buku. Dalam keadaan tertentu (seperti saat bepergian, dll), sangat susah untuk membawa beberapa buku sekaligus.

Bagi pecinta buku yang ingin mengoleksi buku dan membuat perpustakaan pribadi juga memiliki kendala. Diantaranya tempat dan harga. buku yang cukup banyak apalagi kitab-kitab klasik yang berjilid-jilid memerlukan tempat yang cukup luas. Harga buku terus naik seiring naiknya harga kertas, biaya produksi dan biaya distribusi. Satu buku dengan tebal sekitar 500 halaman harganya bisa diatas lima puluh ribu, apalagi jika menggunakan kertas yang berkualitas tinggi.

Perpustakaan digital

Teknologi diciptakan untuk membantu manusia  dalam melakukan suatu kegiatan sehingga menjadi lebih mudah. Dan ini berlaku pada buku. Digitalisasi buku-buku versi cetak menjadi format digital sudah dilakukan oleh banyak orang dan banyak lembaga. Bahkan, ada alat khusus yang dibuat untuk men-scan (memindai) buku sehingga kualitasnya sangat bagus.

Buku-buku digital ini hadir dengan berbagai format. Dari format sederhana berupa teks HTML dan PDF yang hampir sama dengan versi asli atau hasil foto copy sampai yang berbentuk luks dengan berbagai aksesori dan desain menawan bahkan bisa dibuka perlembar seperti buku aslinya. Diantara format-format tersebut adalah: CHM, EPUB, LIT, FLASH, DEJVU, DIGIBOOK. dll. (Untuk tambahan data silahkan kunjungi link berikut: http://en.wikipedia.org/wiki/Comparison_of_e-book_formats, http://en.wikipedia.org/wiki/E-book, http://en.wikipedia.org/wiki/Comparison_of_e-book_readers)

Buku-buku versi digital (ebook) ini bisa dibawa kemana-mana dan diakses dimana saja. Anda yang memiliki notebook, netbook, tablet, smartphone, bahkan MP4 player bisa memiliki perpustakaan digital yang isinya sangat banyak. Hardisk satu terabit jika diisi dengan buku-buku versi digital cukup Anda  masukan saku atau tas tangan. Padahal, jika semua isi hardisk itu dicetak mungkin Anda bersama kampung Anda akan tertimbun buku. Subhanallah.

waqfeya.com

Waqfeya.com adalah situs yang menyediakan Kitab-kitab berbahasa arab versi digital, baik klasik maupun kontemporer. Ada juga yang berbahasa inggris tapi jumlahnya tidak sebanyak yang berbahasa arab. sampai saat ini, waqfeya.com telah melakukan digitalisasi 15.000.000 (lima belas juta) halaman versi cetak menjadi digital.

waqfeya

Ada beberapa kelebihan yang patut kita apresiasi dari pengelola situs waqfeya.com, diantaranya:

1. mereka melakukan proses digitalisasi dengan sukarela tanpa bayaran hanya ingin berkhidmah kepada agama Islam dan membantu kaum muslimin, terutama para pelajar (lebih utama yang miskin) atau yang memerlukan kitab-kitab tersebut padahal mereka sedang dalam perjalanan, sedang dirantau atau alasan lainya.

2. Mereka mendengar dan menerima cacian maupun pujian terkait usaha mereka, tapi hal itu tidak mengurangi semangat mereka untuk tetap melakukanya.

3. Mereka tidak menyibukan diri dengan menjawab komentar atau diskusi, mereka hanya bekerja sambil diam.

4. Ada banyak buku atau kitab hasil digitalisasi waqfeya.com yang diupload ulang oleh situs-situs lain, mereka tidak marah bahkan bersyukur bahwa penyebaran ilmu bisa lebih meluas. Hanya mereka berharap agar sumber waqfeya disebutkan, sehingga orang tidak mendownload satu kitab beberapa kali dari situs berbeda padahal ia sudah pernah mendownloadnya.

5. Mereka tidak menyimpan tanda/link situs waqfeya.com (stamp) atau atribiut lain di dalam buku/kitab hasil digitalisasi agar buku/kitab tetap seperti aslinya dan menjaga agar usaha mereka tetap ikhlas.

Untuk lebih lanjut Anda bisa membaca langsung pengumuman di situs mereka melaui link ini http://waqfeya.com/book.php?bid=7840 dan ini http://waqfeya.com/book.php?bid=7841

shamela.ws

Tidak seperti waqfeya.com,  shamela.ws  membuat program perpustakaan digital yang lengkap bersama isinya (bukan hanya program), yang populer dengan nama Maktabah Syamilah. Diatur sedemikian rupa sehingga memudahkan dalam pengguanaanya. Semua kitab dikelompokan sesuai kategori, seperti Aqidah, fiqh, hadits, tafsir, dll.

shamela

keunggulan Maktabah Syamilah

1. Mudah digunakan

2. bisa copy dan paste baik isi kitab maupun ayat  beserta nama Nama kitab, juz dan halaman.

3. Mencari ayat Al-Qur`an dengan cepat dalam hitungan detik.

4. menampilkan tafsir dari ayat tertentu, bisa dari berbagai tafsir

5. Menampilkan syarh (keterangan) matan hadits jika di support

6. Bisa mengambil kitab tertentu dan dibuat versi .bok (seperti ebook)

7. Sudah ada versi Iphone dan Ipad.

8. Ada tutorial penggunaan maupun cara upgrade atau update, silahkan menuju link berikut http://shamela.ws/help.php, untuk lebih lanjut bisa Anda pelajari sendiri.

Mendownload dan mengisi kitab sendiri

Anda juga bisa program Maktabah Syamilah kosong  kemudian Anda isi sendiri dengan mendownload kitab-kitab yang Anda perlukan. Dengan cara ini, akan ada perbedaan jumlah kitab antara satu pepilik dengan pemilik lainya. Saya masih menyimpan Maktabah Syamilah yang jumlahnya 27 giga.

Mendownload versi resmi

Keunggulan versi resmi adalah semua kitab yang ada halamanya sesuai dengan versi cetak. Jika ada yang tidak sesuai maka dimasukan dalam kelompok khusus dengan nama muroqqom aaliyan -mengalami penomoran ulang- (saya menggunakan Linux Sabily 11.04 dengan desktop KDE, belum tahu cara memindahkan seting tulisan ke Bahasa Arab).

versi ini cocok untuk membuat artikel ilmiah, Skripsi berbahasa arab, atau mengumpulkan materi-materi tematik sesuai kebutuhan.

untuk mendownload versi resmi atau program kosong, silahkan menuju link ini http://shamela.ws/index.php/page/download-shamela bisa direct download, via torrent atau mendownload sebagian-sebagian kemudian digabung.

Maktabah Syamilah versi Linux, sudah adakah?

Yang saya tahu, Maktabah Syamilah versi Linux belum ada. Hampir satu tahun ke belakang saya pernah menghubungi admin shamela.ws meminta mereka untuk membuat Maktabah Syamilah versi Linux, minimal .deb dan .rpm. Mereka menjawab Insya Allah usulnya dipertimbangkan.

Mungkin perlu waktu cukup lama untuk membuat program dengan platform berbeda. Untuk versi Linux mungkin  harus menggunakan pemrograman GTK atau QT. Mempelajari bahasa pemrograman baru  kemudian membuat aplikasi dengan bahasa tersebut tentu bukan perkara yang gampang.

Yang jelas, beberapa waktu setelah saya mengirim email, saya melihat  perubahan di bagian bawah situs shamela.ws, dulu mereka menganjurkan untuk mendownload WINRAR untuk mengekstrak Maktabah Syamilah,  sekarang mereka menganjurkan untuk mendownload 7ZIP yang termasuk program open source/freeware. Al-hamdulillah mereka mendukung aplikasi open source.

Sebenarnya, ada Maktabah Elkirtas yang didesain untuk Linux, tapi sepertinya pengembanganya tidak dilanjutkan dan dulu saya belum download versi full karena bandwith terbatas.

Anda juga bisa memberikan komentar, ide, usulan, atau kritik melalui link ini http://shamela.ws/index.php/page/contact-us

Tambahan

Untuk tidak terjebak masalah hak cipta, silahkan Anda perhatikan lisensi setiap ebook (terutama selain kitab-kitab berbahasa arab) yang Anda miliki. Jika Anda Memiliki dana cukup, silahkan beli juga versi cetaknya untuk membantu dan memotivasi para penulis agar mereka terus melahirkan karya-karya baru yang bermanfaat.

Kitab-kitab berbahasa arab sulit dicari di Indonesia, jikapun ada harus ke kota besar dan harganya kurang bersahabat bagi pecinta buku yang memiliki dana minim. Maka, kehadiran kitab-kitab versi digital adalah anugerah yang sangat besar.

Saya secara pribadi menggunakan ebook-ebook yang saya download untuk konsumsi pribadi sebagai penambah wawasan bukan untuk tujuan komersil.

Al-hamdulillah, sejak tahun 2007 saya menjadikan Maktabah Syamilah sebagai teman sejati, versi 2.8 sebesar 4GB dan sejak tahun 2011 menggunakan versi resmi 2 giga (setelah di ekstrak jadi 8.3 giga). Saat ingin melihat versi cetak saya merujuk ke kitab-kitab versi PDF dari Waqfeya.com (walau koleksi masih sedikit karena bandwith terbatas).

Dulu hanya membayangkan seperti apa kitab-kitab klasik yang begitu fenomenal, rujukan madzhab tiap madzhab, atau yang pernah dijadikan referensi utama di Eropa selama beberapa abad, yang susah ditemukan versi cetaknya di indonesia, atau jika pun ada tidak terjangkau oleh daya beli.

Melalui shamela.ws dengan Maktabah syamilah-nya dan waqfeya.com dengan kitab-kitab versi PDF-nya, semua kitab yang dulu tidak mungkin dilihat apalagi dimiliki hadir di depan Anda, bisa dibawa kemana-mana bisa di akses dimana saja. Subhanallah.

Akhirnya, Saya berdoa semoga para penulis buku, semua orang dan lembaga yang telah berusaha keras membantu proses digitalisasi buku sebagai sarana transformasi ilmu, mendapat balasan pahala yang berlipat ganda dari Allah. Amin.

***

Tulisan ini tersedia dalam format PDF. Download disini atau di halaman download

Ditulis dalam Dakwah, ilmu, Umum. 10 Comments »

10 Tanggapan to “waqfeya.com dan shamela.ws, download kitab-kitab digital”

  1. Kopral Cepot Says:

    bukan tdk kepengen kitab berbahasa arab.. tp akunya nggak ngertos🙂
    btw… cara nge’blok kutipan.. ada di sunting tulisan.. paragraf yang akan di blok cukup di short => klik icon ,,(blok kutipan) .. kalo warna abu-abunya itu bergantung theme-nya.

  2. Investasi Emas Says:

    Thanks for finally writing about >waqfeya.
    com dan shamela.ws, download kitab-kitab digital
    Goresan Pena <Loved it!

  3. Ely Meyer Says:

    Aamiin .. semoga doanya terkabul ya
    tulisannya bisa jadi sumber inspirasi buat yg lain nih🙂

    • arhsa Says:

      amin, mudah-mudahan, Mbak Ely.
      ketika kita mendoakan orang lain (apalagi orang itu tidak ada dihadapan kita)ada malaikat yang mendoakan kita seperti doa kita untuk orang tersebut.

      Terima kasih sudah berkunjung kemari

  4. fi Says:

    Kalau al-Quran atau hadits berbahasa Inggris ada ga, ya?
    Yg ada Arab dan Inggrisnya.. Syukran.

    • arhsa Says:

      Ada, silahkan download disini Al-Qur`an Terjemah Inggris atau di halaman download, tadinya mau di kirim ke email, tapi ukuranya 29MB melebihi batas normal attachment email (25MB).

      Atau bisa kunjungi situs waqfeya bagian buku-buku berbahasa inggris di link berikut waqfeya.com 1 atau link ini waqfeya.com 2 [ada cara belajar Bahasa Arab untuk non arab, grammar Bahasa Arab (Nahwu dan Shorf), Hadits berbahasa Inggris (mukhtashor Shohih Al-Bukhari, mukhtashor shahih muslim), dll.]

  5. pascapai2013 Says:

    alhamdulillah semoga bermanfaat..


بسم الله الرحمن الرحيم

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: