TURKISTAN, Riwayatmu?

Runtuhnya Khilafah Turki Utsmani tahun 1924 M, setidaknya menyebabkan beberapa kelemahan yang yang menimpa kaum muslimin. Pertama : tidak adanya negara besar yang melindungi dan memayungi kaum muslimin. Kedua : susahnya menegakkan syariat islam dalam segala derap langkah kaum muslimin. Ketiga : penjajahan negara-negara Eropa atas wilayah kaum muslimin. Keempat : mewabahnya kristenisasi.

Penjajahan Bangsa Eropa atas wilayah kaum muslimin telah menyebabkan kemunduran yang sangat fatal. Peradaban tinggi yang telah di capai pada masa Umawiyyah, Abbasiyyah ayyubiyah dan yang lainnya seakan tak berbekas. Umat islam sepertinya tertidur lelap tanpa pernah sempat untuk memikirkan bagaimana untuk kembali seperti masa lampau. Hal ini tak lepas dari usaha-usaha kotor kaum penjajah yang terus berupaya untuk tetap membiarkan kaum muslimin terlelap dalam tidur panjang.

Salah seorang mantan perdana menteri Perancis pernah mengatakan : “umat islam memiliki kekayaan yang melimpah, akan tetapi sampai sekarang mereka tidak mampu untuk mengeksplorasi kekayaan itu. Misi  kita adalah menjadikan mereka tetap seperti itu, karena kalau mereka bangkit, maju dan berkembang, maka kita akan hancur seperti daun yng tertiup angin.”

Dan diantara upaya itu adalah pengkotakan umat islam menjadi negara-negara kecil yang memiliki pemerintahan sendiri, dan Turkistan adalah salah satunya. Turkistan adalah wilayah luas yang sekarang di kenal dengan nama Asia Tengah (penghapusan Nuansa Islam). Turkistan terbagi dua, Turkistan Barat berada di bawah kekuasaan Rusia dan Timur  berada di bawah kekuasaan China. Penduduk aslinya adalah kabilah-kabilah Turki yang beragama Islam, menggunakan Bahasa Turki sebagai bahasa resmi dan Huruf Arab. Inilah kesamaan yang menyatukan mereka walau berbeda kabilah.  Turkistan barat memiliki banyak barang tambang, dan  yang terpenting adalah besi. Hampir seluruh kebutuhan besi Rusia (Uni Soviet, saat itu) berasal dari sini. Sedangkan Turkistan Timur ternyata lebih istimewa karena memiliki kandungan Uranium yang melimpah. China mengeksplorasi uraniaum untuk kebutuhan listrik dan nuklir.

Ketakutan yang teramat besar akan Islam (Islamophobia) menyebabkan Rusia (sebagai penjajah) mengadakan perubahan besar-besaran yang amat merugikan kaum muslimin Turkistan. Wilayah Turkistan yang luas mereka bagi menjadi lima Negara seperti yang kita kenal sekarang : Uzbekistan, Kazakstan, Turkmenistan, Kirzigistan dan Tazikistan. Tidak itu saja, pada tahun 1928 Rusia membuat suatu tim untuk merubah Bahasa Turki dan Huruf Arab yang telah baku menjadi bahasa Latin dan kemudian diubah menjadi Bahasa Rusia. Ini adalah masalah terbesar yang berhasil mereka lakukan. Karena dengan ini mereka telah berhasil memutus mata rantai kebudayaan dan intelektualitas bangsa yang besar ini, memutus dengan masa lalu dan masa depan secara bersamaan. Hal lain yang mereka lakukan adalah memasukan kota Korm ke wilayah Ukraina. China yang menguasai wilayah Turkistan Timur ternyata tidak mau kalah dengan konconya. Mereka merubah Turkistan Timur  menjadi Sinkiang yang artinya ‘yang terjajah’.

***

Ditejemahkan dan diolah dari dua buku berbahasa Arab berikut:

1. Al-Islam Fi Asia al-Wustho wal-Balqan

(Islam di Asia Tengah dan Jazirah Balkan)

Dr. Muhamad Harb.

2. Hadir ‘Alam Al-Islami

(Kondisi Kaum Muslimin Masa Kini)

Zakaria Sirajuddin.

untuk memperkaya silahkan baca artikel-artikel berikut, saya ga sempat membuat link, jadi copas z ke browser  :

1. http://belajarislam.com/index.php?view=article&catid=45%3Adunia-islam&id=640%3Asejarah-thifan-pokhan&format=pdf&option=com_content&Itemid=148

2.  http://marsambassspdi.multiply.com/reviews/item/3

3.  http://hendiva87.blog.friendster.com/2008/03/mansur/

4.  http://travel.kompas.com/read/xml/2008/05/09/07361989/berkelana.ke.negeri-negeri.stan.47

5.  http://id.wikipedia.org/wiki/Turkestan

By. arhsa@yahoo.co.id, https://arhsa.wordpress.com

Ditulis dalam Tak Berkategori. 7 Comments »

7 Tanggapan to “TURKISTAN, Riwayatmu?”

  1. eemboz Says:

    Sejarah yang panjang.
    Negara yg besar terpecah belah, bahkan sampai kinipun banyak pihak yang terus berusaha memecah belah negara Islam yg besar. Seperti negara kita!

    • arhsa Says:

      yupz.. jangan sampe ada bagian kepulauan ini yang lepas seperti timor tumur, bahkan Ambalatpun mesti dipertahankan.
      terima kasih kunjungannya.

  2. Fadhilatul Muharram Says:

    tulisan yg bersejarah.
    info, udah tau soal penembakan muslim di Thailand? silahkan baca disini http://dhila13.wordpress.com/2009/06/11/kemarin-mereka-ditembaki-saat-sholat/

  3. D3pd Says:

    Salah seorang mantan perdana menteri Perancis pernah mengatakan : “umat islam memiliki kekayaan yang melimpah, akan tetapi sampai sekarang mereka tidak mampu untuk mengeksplorasi kekayaan itu. Misi kita adalah menjadikan mereka tetap seperti itu, karena kalau mereka bangkit, maju dan berkembang, maka kita akan hancur seperti daun yng tertiup angin.” ga kebayang kalo saya jadi perdana menterinya ya, jadi ga terlalu susah rencana ke depannya. ^_^…V chayoo

  4. Carrel yusuf jovansyah al kaliri Says:

    Umat nasrani umumya pnter mmutrblikan fakta,seolah2 islam adlh troris,smbr kbdohan,kmskinan,khinaan.pdhl mrka yg bkin ni smwa,tp q ykin d ahrat nanti allah swt.yg kn mmutar km jd sprti kmi seiman dn sesaudra yaitu muslim,klian smw adlh prusak alam dn pnghncur ahlak manusia,nasrani dn yahudi.siap tnggu saat than q hkum kalian.amin


بسم الله الرحمن الرحيم

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: