Metode Menghafal

Saya ga habis fikir. sudah lama ga pernah dengan sengaja menghafal lagu-lagu milik boysband yang menjamur, tapi bisa hafal. memang tidak lengkap tapi bisa dibilang hafal.  dulu sih pernah ngoleksi (bahkan hafal) lagu-lagu Ebiet G. Ade, Iwan Fals, Tomy J. Pisa, Raihan, dan beberapa lagu The fikr.

ternyata ada jawabannya, tiap saya naik metromini atau mikrolet lagu-lagu itu diputar. tetangga sebelah memutarnya keras sekali. anak-anak yang suka nongkrong di ujung jalan jga suka menyanyikan lagu-lagu itu diiringai petikan gitar dan drum rombeng. bahkan teman saya banyak yang iseng menyanyikannya walau dengan suara pelan.

lambat namun pasti. tak terasa namun terjadi. lirik bahkan melodi lagu-lagu  itu terserap otak saya. interaksi yang terus menerus dan pengulanagan yang sinergis menjadikan saya hafal tanpa menghafal dan ingat tanpa mengingat ataupun diingatkan. subhanallah, telinga ini begitu hebat kemampuannya.

kita lupakan lagu-lagu ga jelas yang telah saya hafal tanpa sengaja itu. sekarang pegang telinga. pernahkah anda, saya atau bahkan kita semua meluangkan waktu untuk mensyukuri nikmat Allah yang satu ini?

saya berani mengatakan “Jarang” , sebagai pengganti “Tidak pernah”.

coba kita luangkan waktu sedikit, telinga adalah media pertama yang mengajari kita .

Ditulis dalam Umum. Leave a Comment »

بسم الله الرحمن الرحيم

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: